Jumat, 26 November 2010

PERTOLONGAN PERTAMA SAAT CIDERA



     ANDA pasti pernah melihat seorang atlet yang terpaksa keluar dari lapangan pertandingan karena cidera, ter jegal kaki lawan, ataw keram pada otot bagian tubuhnya. Anda sendiri mungkin pernah  mengalami saat-saat tak menyenangkan itu.
      Cedera bisa terjadi di mana saja dan bisa dialami siapa saja.  Berolahraga ringan pun bukan berarti tidak memmiliki resiko itu.  Begitu juga dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau kantor.
      Dr.Peni Kusumastuti SpRM dari RS Internasional Bintaro megatakan, pada umumnya cedera terjadi akibat kesalahan dalam menggerakan anggota tubuh, “Bergerak secara tiba-tiba atau tidak menyiapkan kuda-kuda yang kuat juga bisa membuat anggota tubuh mengalami cedera.” Katanya.
       Menurut ahli rehabilitasi medik pada Ramsay Spine Center itu, anggota gerak tubuh manusia membutuhkan persiapan tertentu dalam melakukan aktivitas tertentu. Itu sebabnya pemanasan dan peregangan sangat dianjurkan sebelum memuilai suatu kegiatan, seperti olahraga, sebagai upaya meghindari cedera, “Aktivitas fisik itu baik untuk kesehatan tubuh dan tulang, tapi tetap harus dilakukan dengan benar jika tidak ingin cedera.” ujar Peni.
      Saat cedera mendera, otot-otot anggota gerak megalami sobek dan pendarahan. Pada umumnya kerusakan otot ini akan pulih setelah beberapa waktu. “Yang penting, begitu terasa tidak enak pada anggota tubuh, nyeri atau sakit, segera hentikan kegiatan fisik itu, dan beristirahatlah.” sambung Peni.
       Pertolongan pertama yang harus dilakukan pada anggota gerak yang cedera adalah degan mengompresnya, bisa degan handuk dingin atau bugkusan es gepuk. Kompres itu berguna untuk segera menghentikan pendarahan akigat sobeknya otot dan pembuluh darah akibat cedera.
      “Jagan coba-coba diurut atau diotak-atik, itu malah akan meyebabkan otot sobek lebih parah.” ujar Peni. Langkah berikutnya, tentu bawa saja ke dokter untuk perawatan lebih lanjut, Bagaimana sudah siapkah anda untuk beraktivitas fisik hari ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar